Jumat, 18 Mei 2012

Gula Kelapa dan Kristal Semono

        Luas Perkebunan Kelapa di Kabupaten Purworejo +893,510 ha dengan produksi rata-rata 12.117.319 ton per tahun dan melibatkan 6.413 orang petani/pengrajin gula kelapa.
            Gula kelapa dibuat dari bahan nira kelapa (legen). Cara pembuatan gula kelapa cukup sederhana yaitu nira kelapa atau legen disaring agar bersih kemudian dididihkan menggunakan jadi/kenceng atau alat lain yang permukaannya lebar. Selama proses tanak gula kelapa harus sering diaduk agar tidak hangus. Setelah menjadi pekat gula diturunkan sambil terus diaduk. Adonan yang siap dicetak dituangkan ke dalam cetakan yang terbuat dari tempurung berupa lingkaran yang terbuat dari iratan bambu, bambu yang dipotong-potong, paralon, atau kotak-kotak yang terbuat dari kayu. Setelah gula dingin dan mengeras dikeluarkan dari cetakan. Sedangkan pada pembuatan gula kristal hanya dilakukan sedikit proses kerja, yaitu ditambah dengan perlakuan penghalusan sebelum gula kristal tersebut dicetak, setelah dilakukan penghalusan lalu dilakukan proses pengayakan atau penyaringan gula yang telah mengalami penghalusan dengan kasa halus setelah itu baru dilakukan. Pengemasan dilakukan dengan cara membungkus gula dengan krakas/daun pisang kering, atau daun waru kering untuk gula yang dicetak memakai tempurung (untuk gula   batok). sedangkan untuk gula kristal dibungkus menggunakan plastik. Klaras dan daun kelapa atau gedebok pisang yang dikeringkan untuk gula yang dicetak berbentuk lingkaran datar. Pengemasan juga bisa menggunakan plastik terutama untuk gula yang berbentuk balok. Gula yang sudah dikemas kemudian disimpan di tempat yang kering dan siap untuk dipasarkan.
                Salah satu tempat penghasil gula unggulan di kabupaten Purworejo adalah daerah Semono daerah ini berada di kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, dengan jarak kira-kira 20 km dari pusatkota Purworejo kearah timur, sebagian besar masyarakat desa Semono berpenghasilan sebagai penderes atau penghasil gula kelapa, hal ini dikarenakan daerah mereka mempunyai hasil alam yang sangat berlimpah dalam hal gula kelapa. Dalam upaya untuk memajukan kemakmuran dan menanggulangi permasalahan yang ada dalam pengembangan industri gula semono, para produsen gula kelapa membuat suatu organisasi yang bernamakan "Kelompok Usaha Bersama (KUB)" Sumber Makmur. KUB sumber makmur beranggotakan 20 orang dengan sebagian besar dari pengusaha memproduksi gula kelapa dan hanya satu pengusaha yang membuat gula kristal yaitu bapak Heru Purwanto yang juga bertindak sebagai kepala KUB. Hasil bumi  dari pohon kelapa yang diolah perbulannya bisa menghasilkan 2 ton gula kelapa. harga perkilogram dari gula kelapa Rp. 14.500,- sedangkan untuk gula kristal Rp. 17.000,-. 
             Gula Kelapa yang dihasilkan dari KUB Sumber Makmur mempunyai beberapa kelebihan, yaitu: gula tidak ditambahi dengan bahan kimia pendukung rasa (masih alami), gula tahan beberapa hari tanpa bantuan bahan pengawet, kandungan gula (sukrosa) lebih rendah,  Mengandung Thiamine, Riboflavin, Nicotinic Acid, Ascorbic Acid, protein dan vitamin C, Rasanya manis dan memiliki aroma khas yang lezat (aroma nira). Mengandung mineral. dan yang jelas harga dan kualitas bersaing dari produk yang dihasilkan. 
              Bagi anda-anda yang ingin mencoba hasil alam produk kami maka kami melayani proses penjualan dengan kontak person, yaitu Bapak Heru Purwanto Hp. 082135550772. Atau anda bisa menghubungi via email ke dwibayu_prastyanto@yahoo.com. 

Berikut adalah Proses pembuatan Gula Kelapa Kristal:


1. Memasukkan Gula kelapa ke dalam bejana
2. Mengencerkan Gula Kelapa
                            


3. Menyaring Gula Kelapa yang telah mencair 
4. Memindahkan Hasil saringan kedalam wajan
                                                        
5. Memindahkan Gula sambil memanaskannya
6. Mengangkat dan memindahkan wajan
                           
7. Mengaduk-aduk gula cair hingga  mengental
8. Menghaluskan gula
               
                   9. Mengemas Produk
                                                 
   
10. Hasil Produksi Gula Kristal





                Ayoo,, teman-teman bagi anda yang berminat bisa menghubungi kami dikontak person yang telah disediakan, yaitu kepada  Heru Purwanto Hp. 082135550772. atau dengan datang ke sekretariat kami di Desa Semono Rt 01 Rw 02 Bagelen Purworejo.

RASAKAN KENIKMATAN GULA KELAPA DAN KRISTAL KAMI
Kami juga melayani kerjasama segabai distributor dan reseller dari produk-produk kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo beri masukan untuk perkembangan blog kamii..