Kamis, 26 Januari 2012

Studi Bnadingku

Hai teman-teman lama kita sudah tidak berjumpa yah, hahaaa... dalam pertemuan kali ini saya mau bertanya dan bercerita ni tentang studi banding yang saya lakukan di Sentra Industri Kecil dan Menengah Pande Besi di Klaten, Jawa Tengah. Untuk yang pertama kalini saya mau bertanya pengertian Studi Banding itu apa si??? pasti kalian pada bertanya-tanya kan.. apakah studi banding itu dan apakah manfaatnya?? Terus terang ini adalah Studi Bandingku yang ke empat kalinya tetapi saya masih kesulitan untuk mencari fungsi dari Studi Banding sendiri, apakah hanya untuk membuat laporan ilmiah atau hanya sebagai jalan-jalan semata.
Studi banding ternyata dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, [enentu kebijakan baru, perbaikan peraturan perundang undangan dll. Kegiatan ini dilakukan oleh sekelompok orang atau badan usaha untuk menemui atau mengunjungi suatu obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu yang singkat. Intinya adalah untuk membandingkan suatu kondisi yang sedang terjadi pada kita atau lembaga kita dengan kondisi lembaga ayang lain (perbandingan). Sehingga hasil yang didapatkan adalah himpunan data yang digunakan untuk menyusun konsep ke depan. Selain itu pengertian dari Studi Banding adalah  proses menggali ilmu khusus tentang kelebihan tempat lain. Hasil study banding adalah informasi-informasi penting yang bisa digali di lingkungan yang dikunjungi dan harus membawa hasil konkret yang menggembirakan sekaligus menghasilkan progress report yang bisa dijadikan data pembanding di tempat kita.

Dan yang paling penting, hasil study banding diselaraskan dengan kondisi riil di tempat kita saat ini dan kemudian diimbuhi dengan perencanaan-perencanaan matang tentang apa dan bagaimana program ke depan akan dijalankan. Jadi, kegiatan ini harus menjadi proses penggalian yang utuh, komprehensif, holistik dan tidak disisipi dengan niatan mengambil keuntungan tidak populis–cuma jalan-jalan (baca- nyuci mata).
Studi banding tidak hanya diartikan melakukan kunjungan ke luar daerah. Bagi kami, pengertian utamanya adalah proses pembelajaran dari satu tempat yang dianggap lebih mapan dan maju. Kami menyepakati bahwa tujuan study banding itu adalah:
(1) untuk menambah wawasan kita tentang tempat lain
(2) untuk menimba pengalaman baru di ditempat lain
(3) untuk membandingkan tempat kita dengan tempat lain
(4) untuk menambah cakrawala berfikir kita
Studi yang saya lakukan di Sentra Pande Besi dilakukan pada hari Rabu, 24 januari 2012 yang diikuti oleh jajaran fungsional dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten purworejo dan para pelaku industri pande besi, Kegaiatan itu berlangsung di desa Karangpoh Dukuh karang anaom Kecamatan Jatianom Klaten. Disana terdapat 46 pelaku usaha pande besi dengan brang atau produk jadi yang dihasilkan adalah sebagai berikut : cangkul, pisau, parang,garuk, sabit dll barang yang berasal dari logam. 
Gbr. orang menyepuh besi.
Cara pembuatan barang dilakukan dengan berbagai macam cara tergantung dari barang apa yang akan dibuat, dengan sistem sama yaitu disepuh terlebih dahulu barang yang akan dibuat, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa barang yang kita buat berasal dari logam. Selanjutnya banyak sekali yang dilakukan seperti dengan alat rol. pemotong dan blower, bahkan penggunaannya juga memakai las listrik buat memperlancar proses produksi..
Gbr. Mesin Roll

Gbr. msin Potong









Lumayan tu dengan alat itu semua pada kebantu soalnya mereka yang biasanya dengan manual hanya bisa membuat sekitar 60 buah sekarang dengan bantuan alat otu mereka bisa memproduksi hingga ratusan bos. huhuuuuuu... jika dibandingkan dengan setra industi yang ada di daerah purworejo perkembangan dari sentra pande besi yang ada di klaten berkembang sangat pesat punya kita jauh tertinggal soalnya teknologi yang sentra kita pake masih tradisional alias manual, semoga pemerintah memperhatikan IKM kita boss.. karena IKM adalah pondasi perekonomian negara. so buat dinas yang semangat yah bina IKM kita..hahaaaaiii
maaf bos hingga mulai akhir kepala sumber sudah tak kuat ..ngantuk berat .. yah itu sebagian kecil yah mengenai studi banding.. haha walaupun pembahasan langsung kemana mana... tapi yang penting anda baca aj kami puas ... hahahaaa ketemu lagi pada besok dengan artikel yang lain.. dadaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo beri masukan untuk perkembangan blog kamii..