Senin, 12 Maret 2012

Batik merupakan ciri khas budaya suatu daerah yang diwariskan oleh leluhurnya secara turun-temurun. walaupun teknologi semakin berkembang dan maju, namun keberadaan batik tulis menjadi sesuatu tersendiri yang  dapat menjadi kebanggaan dan corak suatu daerah. Kabupaten purworejo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki Industri Kecil Menengah Sentra Batik yang merata disetiap daerahnya. Daerah sentra batik di kabupaten purworejo terbagi menjadi beberapa daerah, seperti di Kemanukan, Kaligesing, Banyuurip, Pituruh dan Duduwetan. 

Kecamatan Grabag desa Duduwetan merupakan salah satu daerah penghasil batik tulis di kabupaten Purworejo, daerah tersebut terletak di sebelah selatan kecamatan kutoarjo yang berdekatan dengan pantai ketawang. Usaha di daerah ini merupakan usaha turun temurun yang berjalan dan eksis hingga saat ini, produksi batik yang di dalam sentra ini dimana terdapat 20  IKM yang tergabung dalam KUB Semen Romo dalam satu bulannya mampu memproduksi kain batik kurang lebih 80 lembar kain batik dan selendang.

Bahan kain yang biasa digunakan adalah primisima, Kereta Kencana dan sutera, sedang motif batik sangat bervariatif tergantung dari permintaan konsumen. Penggunaan alat yang masih sederhana mengingat batik yang dihasilkan merupakan batik tulis memberikan suatu kesan tersendiri terhadap produk yang dihasilkan. hingga saat ini telah diketahui bahwa batik tulis mempunyai ketahanan pakai yang sangat tinggi daripada batik cap, printing ataupun cabut tulis yang kadang memberikan hasil yang mempunyai ketahanan yang kurang bisa memuaskan konsumen. Untuk menjaga keoriginalitas dan mengikuti trens dan mode kami melakukan perubahan model dan motif seiring dengan perkembangan di dunia mode, kami membuka kesempatan kepada setiap individu untuk memasarkan produk dan kami juga untuk berusaha agar memberikan produk, harga dan kualitas yang terbaik bagi anda.

Hasil produk Batik Tulis kami :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo beri masukan untuk perkembangan blog kamii..